Minggu, 01 Juli 2012

Tes Honorer K2 Sedot Rp158 Miliar

NASIONAL - HUMANIORA

JAKARTA--Untuk mengadakan tes honorer kategori dua (K2) menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dibutuhkan anggaran lumayan besar. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Azwar Abubakar menyebutkan angka Rp158 miliar untuk pengadaan tes tersebut.

"Kami sudah berhitung untuk mengadaan tes honorer K2 butuh anggaran sekitar Rp158 miliar. Jadi biaya ujian per orang kira-kira Rp 150 ribu. Anggaran ini akan masuk dalam RAPBN 2013," kata Azwar dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR RI di Senayan, Selasa (26/6).

Adapun jumlah honorer K2 yang sudah dilaporkan dan masuk data base Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebanyak 560 ribu orang. Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan usulan pertama 632 ribu.

Terhadap sedikitnya data honorer K2 ini, Azwar memperkirakan, kemungkinan adan ketakutan dan kehati-hatian pejabat pembina kepegawaian (PPK) dalam mengajukan usulan.

"PPK mungkin takut kalau salah mengajukan data ujung-ujungnya akan berdampak pada dirinya. Sebab, di dalam Surat Edaran Menteripan-RB Nomor 5 Tahun 2012, ditegaskan bagi PPK yang mengajukan data manipulasi akan ditindak lewat jalur hukum," tandasnya.  
 
(esy/jpnn)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar